Air Bersih

Kebutuhan air bersih termasuk ke dalam kebutuhan dasar dalam aktivitas kehidupan manusia, untuk memenuhi kebutuhan air minum, mck (mandi cuci kakus), menyiram tanaman, bersih-bersih, dan lain sebagainya. Kebutuhan terhadap air bersih diperdesaan dipenuhi antara lain dengan membuat sumur dangkal, sumur pompa, sumur air tanah dalam/artetis, dengan menampung air hujan, bahkan pada saat ini tidak sedikit yang memenuhi kebutuhannya dengan membeli air bersih yang sudah diproses melalui filterisasi/penyaringan air, baik berupa air dalam kemasan maupun air galon isi ulang.

Pada umumnya di daerah perdesaan dengan penggunaan lahan dominan berupa persawahan dan areal pertanian lahan datar, pemenuhan kebutuhan air bersih dipenuhi dengan membuat sumur pompa air tanah dangkal. Termasuk di daerah saya tinggal, dengan topografi lahan datar berupa persawahan dan areal pertanian kebutuhan air bersih dipenuhi dengan membuat sumur dangkal.

Pembuatan sumur dangkal ini dilakukan dengan melakukan pemboran ke dalam tanah sedalam 10 meter menggunakan pipa besi, di sedot menggunakan mesin pompa semi jet 100 watt, dan dialirkan melalui bak penampungan diatas tanah dengan ketinggian 3 meter, lalu didistribusikan menggunakan pipa paralon pvc. Pada saat disedot menggunakan pompa semi jet, air tanah yang keluar sangat deras, tetapi karena kedalamannya masih kurang dalam, air sedikit keruh (mengingat daerah saya termasuk daerah persawahan).

Padahal berdasarkan kriteria dan indikator dari air bersih, setidaknya air bersih (air baku) yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar aktivitas manusia seperti telah disebutkan diatas harus memenuhi tiga syarat dasar utama, yaitu :

  1. Air tidak berwarna ; jika dilihat secara kasat mata oleh mata telanjang air tidak berwarna.
  2. Air tidak berasa ; jika di masukkan ke dalam mulut dan dikumur-kumur air tidak berasa di lidah.
  3. Air tidak berbau ; jika air dicium, air tidak mengeluarkan bau atau aroma apapun.

Mengingat ada komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pemboran ulang __untuk menambah kedalaman pipa__ upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi keruh dan lumpur adalah dengan melakukan penyaringan dengan konsep yang sederhana, menggunakan bahan dasar yang ada di sekitar rumah.

Bahan dasar dan lapisan penyaringan yang disimpan dan disusun di dalam bak adalah sebagai berikut :

Setelah disaring dengan susunan penyaring di atas, air yang dihasilkan cukup jernih, tidak berbau, dan tidak berasa, air yang dihasilkan sudah cukup layak untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, terutama untuk mck.

silahkan dicoba jika air baku/tanah dangkal di daerahnya sedikit keruh…

’…..




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: