Kota Terdingin?

Yakutsk adalah sebuah kota di Timur Rusia, terletak sekitar 450 kilometer di bawah Lingkaran Kutub Utara. Merupakan ibukota Sakha Rusia dan pelabuhan utama di tepi Sungai Lena.

Dilayani oleh Bandara Yakutsk dan  Bandara Magan yang lebih kecil, kota ini memiliki populasi 210.642 jiwa (data sensus 2002).

Yakutsk merupakan salah satu kota terdingin di muka bumi, dengan rata-rata temperatur bulan Januari -40,9° C (-42° F). Temperatur rata-rata tahunan  -10° C, dan temperatur yang paling dingin yang pernah tercatat terjadi di Antartika di luar baskom dari Yana River di timur laut adalah lebih dari -50° C.

Temperatur di bulan Juli yang sering melampaui -32° C (-90 ° F), membuat perbedaan temperatur musiman untuk daerah di antara yang terbesar di dunia.

Yakutsk adalah kota terbesar yang dibangun di permafrost secara terus-menerus, kebanyakan rumah dibangun di atas tiang-tiang beton. Iklim semi-kering, dengan curah hujan maksimum terjadi pada bulan-bulan musim panas.

Sungai Lena yang terdapat di tepi kota sering dilayari oleh berbagai kapal pesiar pada musim panas, dan pariwisata merupakan salah satu andalan pemasukan/pendapatan salah satu kota terdingin di bumi ini.

sumber




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: