Upaya berhemat….]

Tanpa saya sadari, saya sering memperlakukan alat-alat elektronik –yang membutuhkan daya listrik untuk menghidupkannya– dengan tidak bijak, diantaranya :

  • menghidupkan alat-alat elektronik pada saat tidak membutuhkannya,
  • menyalakan tv/radio pada saat tidak menontonnya atau mendengarkannya
  • memasang lampu penerangan secara berlebihan diluar kapasitas-nya untuk menerangi dan memberi cahaya,
  • setrika pakaian dilakukan dengan menyicil setiap hari (kebiasaan ini kurang baik, karena alat  setrikaan adalah salah satu alat yang menghabiskan daya listrik yang cukup besar, diatas duaratus watt)
  • menghidupkan pompa listrik dengan tidak teratur (pada saat pompa dihidupkan daya sedotnya terhadap energi listrik akan lebih besar, karena pada saat itulah beban terberat menghisap air dari dalam tanah ke permukaan)
  • memati hidupkan alat pemanas/pendingin air, ini lojiknya sama dengan pompa listrik di atas ya, pada saat baru dihidupkan alat pemanas akan membutuhkan lebih besar daya listrik untuk membuat plat logamnya memanas dan mendidihkan air.
  • menaruh posisi standby semua alat elektronik, meski tidak dalam posisi hidup, sebenarnya tv,radio,printer,, e t c , tetap membutuhkan daya listrik, selain sama dengan pemborosan, juga ternyata tidak baik terhadap daya tahan atau ketahanan alat elektronik yang sedang stanby, maksudnya kalau sering diperlakukan seperti itu, umur dari alat-alat elektronik itu ngga bakalan lama.
  • melakukan pengisian batere notebook atau gadget lain dengan tanpa aturan, kebiasaan yang saya lakukan adalah mengisi batere pada saat malam hari, semalaman, ada yang sama seperti itu ngga? kebiasaan itu yang tidak bijak, selain akan membuat batere gampang aus dan beberapa selnya ruksak ,juga akan menghisap daya listrik secara berlebihan yang sama dengan pemborosan.

Jadi ini yang saya lakukan untuk melakukan perubahan  sebagai upaya untuk berhemat :

  • menghidupkan alat-alat elektronik pada saat membutuhkannya saja
  • nonton tv, saat benar-benar ingin melihat dan menonton dan ada acara yang bagus buat ditonton, minimal berita-berita atau yang terkait dengan informasi yang berguna dan menguntungkan.
  • menghidupkan radio saat benar-benar untuk didengarkan
  • lebih bijak lagi, kalau lampu-lampu yang kita pasang itu berjenis lampu neon, bukan lampu pijar atau lampu bohlam, selain lebih hemat juga lebih terang dari lampu pijar dan daya tahannya lebih lama.
  • kegiatan rutin menyetrika sebaiknya dilakukan secara bersamaan, tidak dilakukan setiap jam, pakaian yang sudah bersih dicuci dan dikeringkan lalu dikumpulkan dahulu untuk disterika secara bersamaan, tidak dilakukan sedikit demi sedikit,  selain itu juga, kalau dimati hidupkan terlalu sering dapat menyebabkan plat setrika gampang ruksak.
  • sebaiknya menghidupkan pompa listrik pada saat pagi hari dan sore hari saja, secara teratur,  kalau pada saat pagi hari dan sore hari  kedalaman permukaan air tanah sedang naik,  sehingga pompa air tidak terlalu punya beban berat untuk menghisap air ke atas. Kebanyakan tukang pompa tidak menyarankan untuk menggunakan pelampung otomatis penghidup pompa, karena dengan adanya pelampung otomatis justru akan membuat pompa menyala terus dan mempertahankan beban air supaya tidak anjlok, artinya akan membuat pompa cepat ruksak dan menghisap daya listrik lebih besar.
  • tahu kan thermos, ya benar, thermos yang dulu selalu digunakan oleh orang tua, pada saat mau membuat teh panas, kopi atau saat ada orang sakit di rumah sakit, thermos ini pasti selalu dibawa dan digunakan. Nah ternyata kalau dihitung-hitung beli thermos satu dengan biaya membeli pemanas air itu lebih mahal membeli pemanas air, coba deh dibandingkan, saya benar ngga?(cmiiw). Selain lebih hemat ternyata air dari thermos lebih sehat dibandingkan dari air pemanas, karena direbus dan mencapai titik didih dengan sempurna, beda dengan air dari pemanas yang sekedar panas saja, apalagi sekarang banyak penelitian yang membuktikan bahwa air isi ulang itu yang biasa ditaruh diatas pemanas (dispenser) itu kurang baik, banyak yang tidak hiegienis…….meski tidak semuanya ya……..chek and re-chek
  • diusahakan tidak menaruh posisi alat elektronik pada posisi standby ; tv, radio,  notebook,  gadget’s, etc……semua pedagang elektronik pasti menyarankan ini, karena dapat menyebabkan cepat ruksak, juga menghisap daya listrik tentunya, kalau tidak sedang digunakan, lebih baik dimatikan saja, dalam posisi off.
  • melakukan pengisian batere gadget sesuai dengan buku panduan, selain hemat juga dapat memperpanjang umur batere.

Demikian, semoga bermanfaat, setidaknya sebagai upaya pembelajaran diri untuk terus berhemat……………salam hijau……….


  1. tean

    jika tv ato print diposisikan off, ketika di hidupkan lagi apakah tidak memakan listrik yang besar seperti pompa listrik di atas ??

  2. tean

    khusunya print soalnya sya menerima jasa pengeprinan yang dalam 1 hari mungkin bisa 10 kali ngeprint dalam waktu yang berlainan . apakah dalam satu hari itu diposisikan stanbay ato dihidup-matikan ketika dipakai saja ???
    tolong jwabannya …..

    • upaya berhemat disini adalah memperkecil jumlah uang yang harus dibayarkan untuk membayar tagihan listrik, usaha untuk memperpanjang umur alat elektronik dan memperkecil biaya perawatan serta kemungkinan kerusakan alat elektronik.

      Ini pengalaman saya ketika menggunakan printer untuk melakukan print out Buku Laporan, yang bisa mencapai ratusan lembar bahkan ribuan lembar. (Saat saya bekerja di Studio Perencanaan di sebuah Konsultan Perencanaan Kota)

      Posisi Printer Stanby dan Off pada saat akan digunakan tidak berpengaruh besar terhadap jumlah tagihan listrik, karena kebanyakan printer menggunakan daya listrik yang kecil, tetapi berpengaruh terhadap ketahanan komponen di dalam printer (berbeda dengan pompa air, karena daya listrik yang digunakannya lebih dari 200 watt).

      Jika printer pada posisi standby (seharian) kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen di dalam printer akan lebih besar, yang artinya anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan service atau melakukan penggantian komponen.

      Yang saya lakukan adalah menghidupkan pada saat mau digunakan saja, tidak dalam posisi stanby seharian, hal ini terbukti meminimalisir biaya perawatan printer (kecuali penggantian tinta dan Cartridge secara rutin). Selebihnya (lebih baik lagi) saya sarankan anda membaca lagi dengan seksama aturan penggunaan Printer dalam buku panduan dari dealer.

      Semoga jawabannya bisa membantu ya…..

      Salam….

  3. tean

    oy mas, kalo print, cpu, monitor dalam keaadaan mati tapi kabel power masih menancap pada stopcontak apakah masih memakan listrik ?? ( pada mlam hari ketika kita berhenti beraktivitas sebaiknya kabel power dilepas ato dibiarin aja menancap di tempatnya ??)




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: